Rabu, 06 Maret 2013

Pentingnya Sebuah Peran Penjaga Pantai Pangandaran

Pentingnya Sebuah Peran Penjaga Pantai Pangandaran | Ketika kita mendapatkan waktu untuk melepas kejenuhan kita sehari-hari, tidak ada salahnya jika kita bermain ombak, berenang dengan disartai dengan hamparan pasir dan lautan yang dapat menyegarkan mata. Mungkin kita bisa memasukan nama pantai pangandaran kedalam list daftar liburan kiat. Karena di pangandaran kita dapat berenang karena arus ombaknya yang cukup tenang. Tetapi walaupun arus ombaknya termasuk kecil sering kali kita mendengar ada beberapa kabar mengenai wisatawan yang sedang berkunjung ke pantai pangandaran ada yang mandapatkan hal-hal yang tidak diinginkan, siapakah yang patut dipersalahkan?

 


Ada beberapa titik di sepanjang barat laut di pantai pangandaran ini memang tidak dapat kita pergunakan untuk berenang, tapi pada sepanjang pantai pangandaran sebelah barat terdapat banyak titik yang dapat kita gunakan untuk bermain air dan berenang sepuasnya, disepanjang pesisir pantai yang luas pun berdiri banyak pos penjagaan yang berjarak ratusan meter dari satu pos ke pos yang lainnya yang bertugas untuk menjaga dan menghimbau para wisatawan agar titik tersebut berfungsi sebagaimana mestinya.

Wisatawan yang sedang berenang di pangandaran dapat mendengar dengan jelas seringnya petugas penjaga pantai menghimbau agar wisatawan yang sedang berenang tidak memberanikan diri untuk berenang ke tengah laut dan juga berenang ke dalam area yang dilarang untuk dipergunakan berenang. Jika anda berenang ke dalam area yang dilarang itu anda akan dihimbau untuk segera berenang ke daerah barat area pantai tersebut atau ke area dekat cagar alam, karena pada titik-titik daerah yang tidak boleh dipergunakan untuk berenang itu terkadang dapat menimbulkan arus yang akan membawa anda dengan sekejap ke tengah lautan yang dalam yang dapat membahayakan jiwa anda. Dan petugas pun tidak pernah bosan untuk mengingatkan kepada para wisatawan yang sedang berenang di pantai pangandaran agar menggunakan peralatan renang yang sudah disediakan seperti bodyguard dan juga pelampung yang tersedia untuk lebih meminimalisirkan kecelakaan dalam berenang.

Menurut beberapa sumber dapat dipastikan bahwa yang mengalami kecelakaan sewaktu berenang di
pangandaran adalah karena kelalaian dari wisatawan itu sendiri. Karena terpukau dengan keindahan alam, keceriaan dan kegembiraan wisatawan yang begitu besar sehingga lalai atau tidak melihat akan himbauan dan tanda-tanda dari para penjaga pantai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar