Rabu, 13 Maret 2013

Belajar Membaca Dengan Dongeng Anak

Membaca dongeng adalah salah satu cara terbaik untuk meluangkan waktu bersama anak. Dengan membaca dongeng anak, para orang tua dapat mempererat hubungan mereka dengan anak, dan sang anak pun akan merasa terhibur dengan cerita yang dibacakan. Selain itu, membaca dongeng bersama juga merupakan cara yang sangat baik untuk melatih anak untuk membaca. Biasanya, dongeng anak sengaja dicetak dengan huruf yang ukurannya besar, untuk membantu anak-anak yang sedang belajar membaca. Agar tidak membosankan, biasanya dongeng anak disertai dengan gambar-gambar yang menarik, yang merupakan ilustrasi dari cerita tersebut. 
 
Selain menyenangkan, membaca dongeng anak adalah cara yang sangat baik untuk mengajarkan nilai-nilai moral kepada anak-anak. Biasanya dongeng-dongeng untuk anak mengandung berbagai nilai moral, seperti kebaikan, persahabatan, kesetiaan, dan sebagainya. Dan tentunya, peran orang tua adalah untuk menjelaskan nilai-nilai moral yang dikandung dalam sebuah dongeng yang baru saja mereka bacakan. Tapi memang, tidak semua dongeng mengandung nilai moral yang perlu untuk dipelajari. Karena itu, sebaiknya para orang tua membaca sebuah dongeng terlebih dahulu dan memperlajarinya sebelum membacakannya untuk anak mereka.

Di toko buku biasanya ada banyak sekali buku-buku yang berisi dongeng untuk anak. Selain buku cerita biasa, ada juga yang sekaligus berupa buku untuk mewarnai. Jadi, anak-anak dapat belajar membaca sambil mewarnai gambar-gambar yang ada di halaman-halaman tersebut. Bagi para orang tua yang anaknya sudah cukup lancar membaca, tidak ada salahnya jika mereka membelikan buku cerita untuk anak yang berbahasa Inggris. Ini sangat bermanfaat untuk memupuk minat anak untuk belajar bahasa Inggris.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar